Blog Posts - Aljabar



Cara Mudah Menentukan Sifat Perkalian dengan Bilangan Satu ( 1 )

kita akan membahas tentang Sifat Perkalian dengan Bilangan Satu ( 1 ). sejak pertama kali kita duduk di bangku sekolah dasar kelas empat kita mulai diajarkan tentang Sifat Perkalian dengan Bilangan Satu ( 1 ). perlu diketahui bahwa perkalian adalah p...
by Dosen Matematika on Dec 17, 2016

Cara Mudah Menentukan Sifat pengelompokkan (Asosiatif)

pembahasan kali ini adalah tentang Sifat pengelompokkan (Asosiatif). sejak kita duduk di bangku sekolah dasar kelas empat kita sudah mulai kenalkan dan diajarkan dengan Sifat pengelompokkan (Asosiatif). tahu kah kalian apa itu Sifat pengelompokkan (A...
by Dosen Matematika on Dec 16, 2016

Cara Mudah Menentukan Sifat Penyebaran ( Distributif )

Kita akan membahas Sifat Penyebaran ( Distributif ). Sifat Penyebaran ( Distributif ) sudah mulai kita pelajari ketika kita duduk di bangku sekolah dasar kelas empat.sejak duduk dibangku sekolah dasar kelas empat guru kita sudah mengajarkan Sifat Pen...
by Dosen Matematika on Dec 16, 2016

Cara Mudah Mengoperasikan Pangkat dalam Bentuk Aljabar

Hai sahabat semua!!! Gimana hasil belajar operasi jumlah, kurang, kali, dan bagi dalam operasi aljabar kemarin? Ketagihan bukan belajar aljabar? Mudah dan menarik kan sahabat? Nah kali ini kita masih dalam topic aljabar namun, kita akan membahas tent...
by Dosen Matematika on Dec 15, 2016

Cara Cepat Menentukan dan Menguraikan Factor- Factor dalam Bentuk Aljabar

Haii.. Gimana hasil belajar tentang aljabar?? Tambah suka dengan materi aljabar bukan?? Harus doonng.. kalo kemarin-kemarin kita membahas tentang operasi-operasi dalam bentuk aljabar. nah sekarang kita masih dalam cakupan aljabar, tapi kali ini kita...
by Dosen Matematika on Dec 15, 2016

Menentukan Pemfaktoran Bentuk ax2 + bx + c, a = 1 dan c ≠ 0

Haiii.. masih mau dan nggak bosan belajar aljabar kan?? Baguus kalau kalian semangat belajar . Sebagai generasi muda, kita harus bersemangat dalam segala hal. Salah satunya belajar, salah satunya lagi adalah belajar math.  Math is Fun!! Tanamkan k...
by Dosen Matematika on Dec 15, 2016

Cara Mudah Menentukan Pemfaktoran Bentuk ax2 + bx + c, a ≠ 1 dan c ≠ 0

Hai-hai sahabat!! Ada tugas disuruh mencari factor dari bentuk aljabar?? Apa kalian berfikir tugas itu sulit?? Jika kalian berpikir bahwa tugas itu memang sangat sulit untuk dipelajari, maka ada yang salah dengan pemikiran kalian. Jika sudah memiliki...
by Dosen Matematika on Dec 15, 2016

Penyelesaian Operasi Pecahan Bentuk Aljabar

Hai-hai sahabat!! Ada tugas disuruh mencari operasi pecahan dalam aljabar??disuruh menyederhanakannya?? Apa kalian berfikir tugas itu sulit?? Jika kalian berpikir bahwa tugas itu memang sangat sulit untuk dipelajari, maka ada yang salah dengan pemiki...
by Dosen Matematika on Dec 15, 2016

Operasi Pecahan dalam Aljabar : Penjumlahan dan Pengurangan

Hai-hai sahabat!! Ada tugas disuruh mencari jumlah dan kurang dalam bentuk aljabar?? Apa kalian berfikir tugas itu sulit?? Jika kalian berpikir bahwa tugas itu memang sangat sulit untuk dipelajari, maka ada yang salah dengan pemikiran kalian. Jika su...
by Dosen Matematika on Dec 15, 2016

Sejarah Matematika Menurut Para Ahli

Sejarah Matematika Menurut Para Ahli – Matematika merupakan suatu alat yang dapat membantu dalam memecahkan berbagai permasalahan baik itu dalam […]...
by Seputar Pendidikan on Dec 14, 2016

Cara Mudah Perkalian dan Pembagian dalam Operasi Aljabar

Hai-hai sahabat!! Ada tugas tentang operasi kali dan bagi dalam aljabar?? Apa kalian berfikir tugas itu sulit?? Jika kalian berpikir bahwa tugas itu memang sangat sulit untuk dipelajari, maka ada yang salah dengan pemikiran kalian. Jika sudah memilik...
by Dosen Matematika on Dec 13, 2016

Cara Mudah Operasi Aljabar : Penjumlahan Dan Pengurangan

Hai- hai sahabat.!! Oiya pasti kebanyakan dari kalian pada gak suka ya sama aljabar? Hayo ngaku? Kenapa si gak suka, padahal itu ya aljabar itu gampang tau. hemb mau tau resepnya biar pinter aljabar? Heheh udah kayak makanan aja pake resep maksudnya...
by Dosen Matematika on Dec 13, 2016

Menyelesaikan Persamaan Dengan Aturan Cramer

Determinan dan Aturan CramerDi sekolah tingkat SMA/SMK sederajat, kita sering diberikan kasus sederhana seperti 2 atau 3 persamaan dan 2 atau 3 bilangan yang diketahui untuk diselesaikan dengan cara menggunakan Metode Eliminasi atau Metode Substitusi...
by GATEWAN on Jan 31, 2016

Jenis Matrik Ada 10

10 Jenis Matriks1. Matrik BujursangkarYaitu matrik yang banyak baris=banyak kolom. Dalam matrik bujursangkar dikenal diagonal utama, yaitu entri-entri yang mempunyai nomor baris = nomor kolom. Contoh:Pada matrik di atas mempunyai ordo 3, dan ditulis&...
by GATEWAN on Jan 31, 2016

Penyelesaian Invers Matriks

Mengenal Invers MatriksInverse (kebalikan) Matriks memiliki sifat-sifat dasar, namun sebelum itu, terlebih dahulu kita mengenal beberapa jenis matriks yang akan dipakai secara langsung.Sebuah matriks dikatakan matriks nol, jika semua anggota dari mat...
by GATEWAN on Jan 21, 2016

Matriks dan Operasinya

Mengenal Matriks dan OperasinyaDefinisi Matriks & Operasi Yang Berlaku - Matriks memiliki beberapa sifat yang berlaku di dalam elemennya, yaitu dibatasi dengan bilangan real saja. Perhatikan beberapa definisi di bawah ini!DEFINISI 1 - Matriks ada...
by GATEWAN on Jan 20, 2016

Penyelesaian Sistem Persamaan Linear

Penyelesaian Soal Persamaan LinearUntuk mencari penyelesaian umum atau himpunan penyelesaian dari suatu sistem persamaan linear, ada beberapa cara yang sederhana adalah substitusi (seperti di SMU). Sebelum mencari penyelesaian dari sistem persamaan l...
by GATEWAN on Jan 19, 2016

Mengenal Sistem Persamaan Linear

Mengenal Aljabar LinierPengertian SPLPersamaan linear adalah persaman yang tidak melibatkan hasil kali atau akar variabel, semua variabel mempunyai pangkat satu dan bukan sebagai variabel bebas dari fungsi trigonometri, logaritma atau eksponen.Contoh...
by GATEWAN on Jan 18, 2016

Ada George Boole di Google Doodle

Ada George Boole di Google Doodle. George Boole adalah ahli matematika asal Inggris. Dia adalah pencetus logika matematika modern. Pria ini yang melanjutkan pengembangan Aljabar biner, kini banyak digunakan untuk lam desain sirkuit computer dan peran...
by Equipstil.com on Nov 2, 2015

Pemfaktoran Aljabar

 Pada postingan sebelumnya kita telah belajar operasi perkalian, penjumlahan, dan pengurangan aljabar. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara memfaktorkan sebuah aljabar. Aljbar yang terdiri dari dua suku atau lebih bisa difaktorkan apabila suku...
by Rumus Hitung on Dec 16, 2014


Trending Topics

Close